• Wisuda Huffazh Angkatan IV Ma'had 'Aly Baitul Hikmah


    Alhamdulillah, pagi yang cerah mengiringi kebahagiaan dan kesyukuran Mahad Baitul Hikmah yang pada hari Senin pagi (31/7) 26 Syawal 1437 H, mewisuda 19 Mahasantri setelah mengenyam pendidikan selama 2 Tahun. Bertempat di Pendopo Mahad Tahfizhul Qur'an Baitul Hikmah Jl. Raya Solo-Sukoharjo KM.10 Sukoharjo, acara ini dihadiri oleh Bupati Sukoharjo yang diwakilkan Purwadi SE.MM, Pembina Yayasan Baitul Hikmah dr. Harun Rosyid Sp.B, Mars, Muspika Kecamatan Bendosari, Kepala Kantor Kemenag Sukoharjo, MUI, pengurus Dewan Dakwah Islamiyah Provinsi Jateng serta para tokoh – tokoh agama.


    Menurut K.H Ihsan Saifudin, S.Ag selaku Mudir Ma’had Aly Tahfidzul Qur’an Baitul Hikmah Sukoharjo menjelaskan dalam laporannya bahwa pada tahun ajaran 2014/2016, Baitul Hikmah akan mewisuda sejumlah 19 mahasantri dengan masa pendidikan berlangsung selama 2 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, para mahasantri telah menyelesaikan beberapa tugas pokok seperti tahfidz, dirasat Islamiyah, karya ilmiah dan kewirausahaan. Selain itu, pihak Baitul Hikmah telah menandatangani MoU dengan Program Study Ilmu Qur’an dan Tafsir UMS, sehingga alumni Baitul Hikmah akan langsung diterima di semester 6 di Prodi Ilmu Qur’an dan Tafsir UMS. Berbagai prestasi telah diukir dicapai mahasantri seperti tahun 2015 menjadi juara umum tingkat Jateng dan DIY pada olympiade Al-Qur’an di Ponpes Assalam Surakarta, 2 mahasantri diterima beasiswa di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir serta ada alumni yang mendapat rangking ke-8 di antara 3000 pendaftar.

    Dalam sambutan Bupati Sukoharjo yang dibacakan secara penuh oleh Bapak Wakil Bupati  Purwadi SE.MM, pertama Bupati mengapresiasi atas terselenggaranya acara wisuda kali ini serta berharap kepada seluruh mahasantri yang diwisuda untuk dapat mengamalkan ilmu agama yang telah diraihnya. Di samping itu, Bupati percaya kepada sistem pendidikan di Ma'had Tahfizhul Qur’an Baitul Hikmah dengan baik. Pesan Bupati Pendidikan Islam tidak hanya dituntut untuk sekedar memberikan pelajaran pengetahuan, pemikiran dan ketrampilan saja namun harus mampu juga menyiapkan proses pengembangan sosial, jasmani, pemikiran, intelektual, etika, budaya dan akhlaqul karimah.

    Dalam acara ini juga dilaksanakan penyerahan cinderamata dan penghargaan kepada mahasantri yang berprestasi sebagai wujud apresiasi dari Ketua Yayasan Ma’had ‘Aly tahfizhul Qur’an Baitul Hikmah Sukoharjo. Wisudawan terbaik diraih Ihsan susanto bin Oyo Sunaryo asal Tegal dengan IPK 3,46.

    Acara diakhiri dengan Tausiyah Wisuda oleh Ustadz Dr. Mu’inudinillah Basri, MA, dosen pasca sarjana UMS. Dalam tausyiahnya, Mudir PPTQ Ibnu Abbas Klaten ini menyampaikan betapa pentingnya keberadaan para hamalatul Qur'an (penghafal dan mengamal Al-Qur'an) dalam kehidupan bernegara.

    "Seburuk-buruk penghafal al qur'an adalah saya, jika al qur'an tdak menjadikan saya berakhlak dan lantaran saya Islam rusak." Pesan beliau kepada para wisudawan.

    Acara kemudian diakhiri dengan doa oleh Syaikh Abdul Qadir Al-Mishry, seorang ulama asal mesir yang turut menghadiri acara ini.

    -----------------------------------------

    Daftar Wisudawan Huffazh Angkatan IV
    Ma'had 'Aly Baitul Hikmah Sukoharjo
    Tahun Ajaran 2014 - 2016


    1.Adityas Fathunurohman (KarangAnyar)
    2. Ahmad Faqih A ( Lombok)
    3. Aiji Nurrokhman ( Cirebon )
    4. Al Khusna Ajibah Shodiq ( Magelang )
    5. Arhab Yusuf ( Batang )
    6. Eka Harya Annafi ( Jawa Barat )
    7. Fatkhurrahman ( Purworejo )
    8. Ihsan Susanto ( Kuningan )
    9. Latif Mukhlisin ( Sukoharjo )
    10. Muh Syarif Hidayatulloh ( Klaten )
    11. Ma'arif Sya'bani ( Tegal )
    12. Muhammad Husen ( Depok )
    13. Muhammad Luthfi ( Kalsel )
    14. Muhammad Ogi Pramana ( Bekasi )
    15. Muhammad Yusri Alfian ( Sukoharjo )
    16. Rizal Azizi ( Lamongan )
    17. Muh Rofiq Husni F ( Sukoharjo )
    18. Ryan Rabbani ( Sukoharjo )
    19. Suryo Edy Nugroho ( Boyolali )
    ------------------------------------------
    Atas nama segenap Pembina dan pengurus Ma'had 'Aly Baitul Hikmah mengucapkan terima kasih sebanyak banyaknya kepada seluruh pihak, utamanya kepada donatur, lembaga, instansi, mitra dakwah, dan segenap masyarakat yang telah berkontribusi untuk kelancaran proses pendidikan di Ma'had 'Aly Baitul Hikmah.

    Mohon do'anya semoga para penghafal quran yang hari ini diwisuda mampu mengamalkan ilmunya dan mendakwahkannya di tengah masyarakat.

    Sukoharjo, Ahad 31 Juli 2016

    Mudir Ma'had Aly Baitul Hikmah


    KH. Ihsan Syaifuddin S.Ag
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Gabung grup WhatsApp!

    Dapatkan kiriman broadcast bermanfaat dari Asatidzah Baitul Hikmah melalui WhatsApp. Bergabung sekarang juga.

    ALAMAT

    Jl. Raya Solo - Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57551

    EMAIL

    baitulhikmahskh08@gmail.com
    baitulhikmahskh@gmail.com

    TELEPON/WA

    (0271) 592567
    085 77 0189 272

    REKENING

    Bank Mandiri Syariah an. Yayasan Baitul Hikmah No. Rek. 7078080005

    Ketik dan Tekan Enter