• Silaturrahim FORMABA (Forum Alumni Ma'had Baitul Hikmah) - Tak Kenal Lelah di Jalan Dakwah

    BAITULHIKMAHSUKOHARJO.COM-Jalan dakwah memang bukan jalan yang mudah. Banyak cobaan dan rintangan yang akan dihadapi oleh para Da’i ketika terjun didalamnya. Oleh karenanya keistiqomahan dan kesabaran yang tinggi sangat dibutuhkan dalam menempuh jalan yang mulia ini.
    Diantara cara menjaga keistiqomahan dalam dakwah adalah mentadaburi keutamaan dakwah di jalan Allah. Ada banyak sekali keutamaan dakwah, diantaranya firman Allah,

    وَمَنۡ أَحۡسَنُ قَوۡلٗا مِّمَّن دَعَآ إِلَى ٱللَّهِ وَعَمِلَ صَٰلِحٗا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ ٱلۡمُسۡلِمِينَ ٣٣
    Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri? (QS. Fussilat : 33)

    Dan hadits Rasulullah,
    مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ
    “Barang siapa yang menunnjukkan kebaikan maka baginya pahala semisal orang yang mengerjakan” (HR. Abu Dawud)

    Itulah salah satu point yang disampaikan oleh ustadz Abu Umar Abdillah (Pimred Majalah Ar Risalah) ketika mejadi pembicara pada acara Reuni Akbar FORMABA (Forum Alumni Ma’had ‘Aly Baitul Hikmah) dengan tema “Tak Kenal Lelah di Jalan Dakwah”. Acara yang digelar rutin setiap tahun ini turut mengundang dr. Harun Rasjid Sp.B MARS selaku pengasuh Ma’had ‘Aly Tahfizhul Qur’an Baitul Hikmah, Ustadz Ihsan Saifuddin, selaku Mudir Ma’had  dan para rekanan takmir masjid sekitar Ma’had. Bertempat di Islamic Centre Baitul Hikmah, acara tersebut di gelar pada hari Ahad-Senin, 3-4 September 2017 dan dikuti  oleh Alumni Ma’had ‘Aly Tahfizhul Qur’an Baitul Hikmah angkatan 1-5.

    Acara tersebut dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 19.30 dengan diawali tilawah Al-Qur’an oleh salah satu alumni angkatan ke-5 kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh dr. Harun Rasjid Sp.B MARS, Ustadz Ihsan Saifuddin dan salah satu perwakilan alumni.

    Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Umar Abdillah selaku pimpinan redaksi majalah Ar Risalah. Sesuai tema, ustadz Abu Umar Abdillah menyampaikan beberapa nasihat kepada Alumni dan mahasantri Baitul Hikmah Bagaimana tips-tips atau cara agar selalu istiqomah dalam berdakwah. Para peserta pun menyimak dengan seksama apa yang disampaikan oleh ustadz Abu Umar Abdillah, agar nanti menjadi bekal selanjutnya dalam perjalanan dakwah dikemudian hari.








    Pada sesi kedua, acara dilanjutkan keesokan harinya dengan agenda sharing alumni, serta berbagi pengalaman selama bertugas di tempat dakwahnya masing-masing. Alhamdulillah, walaupun tidak semua alumni bisa hadir dalam acara tersebut dikarenakan berbagai hal, acara berlangsung dengan lancar hingga akhir. Semoga dengan adanya acara tersebut selain mempererat tali ukhuwah antar alumni, juga menambah ilmu dan bekal dakwah bagi para mahasantri yang masih menempuh masa study di Ma’had ‘Aly Tahfizhu Qur’an Baitul Hikmah.





  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Gabung grup WhatsApp!

    Dapatkan kiriman broadcast bermanfaat dari Asatidzah Baitul Hikmah melalui WhatsApp. Bergabung sekarang juga.

    ALAMAT

    Jl. Raya Solo - Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57551

    EMAIL

    baitulhikmahskh08@gmail.com
    baitulhikmahskh@gmail.com

    TELEPON/WA

    (0271) 592567
    085 77 0189 272

    REKENING

    Bank Mandiri Syariah an. Yayasan Baitul Hikmah No. Rek. 7078080005

    Ketik dan Tekan Enter